Resolusi 1 Muharram 1442 H, Bagaimana Mencapainya?

Tanggal 20 Agustus 2020 bertepatan dengan tahun baru 1442 Hijriah. Selaku umat muslim, apa resolusi Anda?

Mencanangkan resolusi di awal tahun sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan, justru yang tak mudah adalah bagaimana cita-cita itu mewujud dalam kenyataan, berbuah dalam tindakan.

Coba tengok catatan Anda, apakah semua cita dan harapan yang Anda tuliskan di tahun lalu sudah tercapai dalam kenyataan? Atau jangan-jangan tak ada action yang Anda lakukan, hanya sekedar ikut-ikutan. Sayang sekali jika kejadian itu menimpa Anda.

Ternyata, perubahan yang terjadi dalam kehidupan Anda, selanjutnya disebut dengan CHANGE itu didahului dengan sebuah LEARN atau kapabilitas untuk mendorong diri Anda melakukannya. Hal tersebut disampaikan oleh Darmawan Aji seorang productivity coach mengawali sesi perdana kelas 27 Hari Mengubah Hidup.

Contoh sederhana tentang CHANGE dan LEARN ini adalah saat seseorang akan melakukan sesi zoom, dengan LEARN yang ia miliki akan paham bagaimana menyajikan konten secara menarik. Mulai dari pemilihan pakaian, penempatan kamera, lighting,  hingga cara menatap layar yang tepat agar audiens merasa diperhatikan.

Sumber gambar : pontianak.tribunews.com 

Lebih jauhnya lagi, hal yang mendasari seseorang melakukan sebuah perubahan atau CHANGE selain dengan Kapabilitas yang ditandai dengan LEARN juga didahului oleh sesuatu yang bersifat abstrak yakni kapasitas atau GROW. Melalui  GROW dan LEARN yang tepat  maka hasil akhir berupa CHANGE akan terwujud.

Selanjutnya yang perlu disadari bahwa sebuah perubahan besar dapat terjadi dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang dilakukan secara rutin dan berulang. Misalnya, jika di tahun baru Hijriah ini salah satu resolusi Anda adalah mewujudkan jasmani yang sehat, kebiasaan olah raga dapat dimulai dengan mengalokasikan waktu sekitar sepuluh sampai lima belas menit, setelah konsisten dinaikkan perlahan.

Untuk mewujudkan kebiasaan positif yang akan mengarah pada produktivitas serta tercapainya tujuan maka diperlukan sebuah kegiatan pembiasaan terarah dengan bantuan seorang mentor. Pada kegiatan 27 Hari Mengubah Hidup setiap hari peserta akan disuguhi video durasi 30 menit berisi panduan  tantangan harian yang harus dilakukan.

Bagaimana dengan Anda? Semoga tahun Ini resolusi yang Anda tuliskan bisa tercapai ya. Salam perubahan

 


This entry was posted in

0 komentar:

Post a comment