Inilah Kunci Penyelamat saat Hadapi Resesi Ekonomi, Nomor 4 Hanya Andalkan HP untuk Melakukannya

Berita mengenai Indonesia akan memasuki resesi ekonomi akibat pandemic COVID-19 harus membuat kita makin mawas diri. Meski baru prediksi ahli ekonomi, namun tak ada salahnya kita harus bebenah diri.

Kondisi ini bukan hanya dialami oleh negara-negara berkembang, tetapi juga banyak negara maju menghapi hal yang sama.


Apa yang harus kita lakukan untuk menghadapinya?


1. Perketat Pengeluaran

Mulailah hitung pengeluaran bulanan secara cermat. Kurangi pos yang dirasa tidak perlu. Kebiasaan seperti ini akan menyelamatkan bukan saja saat hadapi resesi tetapi membuat pengeluaran lebih tertata.

2. Biasakan Menabung

Setelah menghitung ulang pos pengeluaran, langkah berikutnya yang bisa dilakukan adalah menabung. Simpan dana dalam bentuk invetasi yang mudah dicarirkan agar tidak tergerus inflasi. Simpanan  ini dapat dijadikan dana darurat.


3. Belajar Keterampilan Baru

Memiliki keterampilan baru membuat Anda memiliki daya jual. Pilih keterampilan yang berguna bagi banyak orang di masa resesi dan carilah tempat belajar yang tepat. Kursus online di @joeragan_artikel bisa jadi pilihan di masa pandemi ini.


 

4. Membuka Keran Penghasilan Baru

Kehidupan akan terus berjalan, kita tidak boleh berpangku tangan. Mulailah bersiap sejak saat ini, mulai detik ini. Setelah Anda memiliki keterampilan baru, saatnya Anda action menawarkan jasa atau produk yang Anda miliki berdasarkan keterampilan yang sudah Anda peroleh.

Untuk menambah keterampilan baru belajarlah pada ahlinya, bergabunglah dengan komunitas yang mampu membuat Anda terus mempraktikkan ilmu yang diperoleh melalui kesempatan magang yang diberikan.

Bagi Anda yang memiliki hobi phonetography bisa maksimalkan kamera HP untuk membantu UMKM melakukan foto produk. Ya, banyak UMKM memiliki keterbatasan  SDM dan waktu untuk membuat foto cantik dan menarik.

Kehadiran foto yang ciamik tentu akan meningkatkan konversi penjualan, apalagi di era pandemi, kegiatan penjualan secara online menjadi andalan.

Kelas phonetography yang recommended untuk diikuti adalah kelas STYLING persembahan https://joeragan-artikel.com/about/ yang akan membahas teknik penataan objek dan props pendukung foto produk. Sudah banyak alumni yang sukses praktikkan materi bahkan ada yang langsung dapat job dari UMKM melalui foto foto produk yang dipampang di akun media sosial, hasil belajar di kelas.


Resesi sudah dialami banyak negara, Indonesia bisa jadi salah satunya. Mulailah bergerak, praktikkan satu per satu tips di atas.

 

0 komentar:

Post a comment