Belajar Bisnis Ikhlas dari Koh Steven

 Kalau  kita sudah tidak khawatir pada sesuatu yang kita gantungkan pada Alloh, itu baru dikatakan aqidah kita muslim (Koh Steven)

 

Koh Steven, seorang mualaf yang namanya santer diberitakan karena menjual aset miliknya senilai 12 miliar saat COVID-19 ternyata  memiliki café dengan system ikhlas. Di café milkinya tersebut, pengunjung dapat minum sepuasnya dan membayar seikhlasnya. Kopi yang disajikan adalah kopi kualitas super.

Kopi kualitas super tersebut berasal dari Lampung. Bibit dan pupuk serta kendaraan yang digunakan tanpa pinjaman bank.

Kopi diambil dari petani yang menanam benih tanpa riba. Koh Steven memulai bisnis dari nol dengan meninggalkan riba. Ia mengingatkan, seorang pengusaha perlu waspada masalah modal usaha, berasal dari mana? Jangan sampai terpeleset kepada riba. Ia mengingatkan bahwa dosa riba yang paling ringan sama dengan berzina dengan Ibu sendiri

Apakah dengan membayar seikhlasnya akan maju? Ternyata café dengan sistem bisnis ikhlas yang ia miiki sudah berkembang di mancanegara. Luar biasa.

Menurutnya, sebuah kata khlas, jika hanya retorika maka tidak akan jadi kenyataan.

Dalam penuturannya, seperti yang disampaikan dalam salah satu video yang di upload di channel youtube  vertizone TV, ada beberapa level dalam ikhlas :

Ikhlas level dasar : rela memberi

Ikhlas level dua : rela menerima

Ikhlas level tiga : adalah qonaah  yang artinya rela menerima  dan merasa cukup dengan apapun yang Allah Swt berikan.


Sumber gambar : republika.id

Menurutnya, cara mudah mengawalinya dalah dengan memulai langkah yang paing kita bisa dan ikhlaskan apapun yang terjadi.

Sebagai contoh, Koh Steven pernah resign dari perusahaan yang gajinya 3700 USD (kurang lebih bernilai 52 juta) Allah ganti dengan gaji 5200 USD Ma syaa Allah.

Akhirnya ia mengingatkan  janji Allah Swt : Jika kalian tinggalkan sesuatu karena-Ku maka akan aku ganti dengan yang lebih baik

Masalahnya yakin atau tidak? Karena setiap riba yang dihasilkan akan ditanyakan Allah Swt

Selesai menjalani semua tanamkan dalam hati bahwa Alah Swt akan membantu hamba yang berhijrah di jalan-Nya. Jika ikhlas, apa yang diberikan akan dikembalikan dalam bentuk lebih banyak. In syaa Allah.

Semoga kita bisa meneladani langkah yang dilakukan Koh Steven dengan mulai meninggalkan riba, belajar ikhlas dan yakin akan pertolongan-Nya. Aamiin Ya Rab.

Sumber artikel  : channel vertizone TV

 

 

0 komentar:

Post a comment