Inilah Keutamaan Mandi Sebelum Sholat Jumat yang Harus Kamu Ketahui

Melaksanakan sholat Jumat adalah hal yang wajib dilakukan bagi lelaki muslim. Kewajiban seringkali menjadi rutinitas semata, lupa bahwa banyak keberkahan yang Alloh SWT turunkan di hari Jumat.

Beberapa lelaki menunda untuk bersegera ke mesjid, sebagian menolak melakukan mandi sebelum sholat jumat. Padahal, banyak keutamaan yang Alloh berikan bagi mereka yang menyempatkan mandi sebelum melaksanakan sholat Jumat.

Sumber gambar : internet


Apa saja keutamaan mandi sebelum sholat Jumat tersebut?

1. Segala dosanya akan diampuni
Dari Salman beliau berkata, Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa Salam bersabda,
لا يغتسل رجل يوم الجمعة ويتطهر ما استطاع من طهر ويدهن من دهنه أو يمس من طيب بيته ثم يخرج فلا يفرق بين اثنين ثم يصلي ما كتب له ثم ينصت إذا تكلم الإمام إلا غفر له ما بينه وبين الجمعة الأخرى
"Tidaklah seorang hamba mandi pada hari Jum’at dan bersuci dengan sebaik-baik bersuci, lalu ia meminyaki rambutnya atau berparfum dengan minyak wangi, kemudian ia keluar (menunaikan sholat Jum’at) dan tidak memisahkan antara dua orang (yang duduk), kemudian ia melakukan sholat apa yang diwajibkan atasnya dan ia diam ketika Imam berkhutbah, melainkan segala dosanya akan diampuni antara hari Jum’at ini dengan Jum’at lainnya." (HR Bukhari).

2.  Meraih pahala seperti berkurban ketika mandi dan bersegera menghadiri shalat Jum’at.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلَ الْجَنَابَةِ ثُمَّ رَاحَ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَقَرَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ كَبْشًا أَقْرَنَ وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ دَجَاجَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَيْضَةً فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ حَضَرَتْ الْمَلَائِكَةُ يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ
Barangsiapa mandi pada hari jumat sebagaimana mandi janabah, lalu berangkat menuju masjid, maka dia seolah berkurban dengan seekor unta. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kedua maka dia seolah berkurban dengan seekor sapi. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) ketiga maka dia seolah berkurban dengan seekor kambing yang bertanduk. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) keempat maka dia seolah berkurban dengan seekor ayam. Dan barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kelima maka dia seolah berkurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam sudah keluar (untuk memberi khuthbah), maka para malaikat hadir mendengarkan dzikir (khuthbah tersebut).” (HR. Bukhari no. 881 dan Muslim no. 850)
Sebagaimana dijelaskan di web rumaysho.com, mandi Jumat disni adalah mandi bagi para lelaki yang akan melaksanakan sholat Jumat. Bukan karena hari tersebut adalah hari Jumat, sehinga tidak diberlakukan pada wanita dan anak-anak.

Subhanalloh, demikian besar keutamaan mandi sebelum sholat Jumat. Semoga mampu memotivasi ikhwan untuk membiasakan sunah ini, terutama jika kondisi lapang.
Sudah siap melaksanakan mandi Jumat dan bersegera ke Masjid?

Sumber :
 https://rumaysho.com/2074-keutamaan-mandi-jumat.html

http://www.fimadani.com/10-keutamaan-hari-jumat/


0 komentar:

Post a comment