Tips Hadapi Dosen Killer Ini Wajib Diketahui agar Kamu Cepat Lulus Kuliah




Masa-masa akhir perkuliahan seringkali menjadi masa yang menegangkan. Bagaimana tidak? Kita acapkali menemukan kenyataan, banyak kakak kelas hingga saat ini belum lulus perkuliahan. Salah satu penyebabnya adalah: mereka mendapat dosen pembimbing yang killer.
Hal yang pertama kali kamu harus lakukan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang dosen killer ini. Umumnya dosen killer dikenal sering pelit nilai. Dosen killer juga biasanya adalah dosen senior yang sibuk. Yuk cari informasi sebanyak-banyaknya dari kakak kelas dan dosen.
Temukan kakak kelas yang berhasil menaklukkan dosen killer tersebut. Catat baik-baik informasi yang didapat. Lanjut dengan mencari informasi dari dosen lain. Tanyakanlah hobi dosen tersebut, apa yang disukai dan hal yang tidak disukainya.
Ingatlah satu hal : dosen kiler bukanlah musuhmu. Mereka adalah pengganti orang tua yang akan membantumu ke gerbang kelulusan. Mengangapnya musuh hanya akan membuatmu bersifat apatis. Tak ada keuntungan buatmy jika mengambil sikap berseberangan. Tunjukkan sifat bersahabat dan mau menerima masukkan darinya.
Berikut ini adalah cara hadapi pembimbing killer , pembimbing yang cuek dan pelit nilai:

  1. Saat pertemuan pertama, lakukan diskusi kemana arah isi skripsi atau tesismu dengan baik.
  2. Buat batasan masalah dengan jelas. Sepakati bersama, karena ini akan menjadi panduanmu.
  3. Catat koreksi yang diminta di setiap proses bimbingan. Dosen killer seringkali sibuk sehingga mereka kerap lupa. Bantu ingatkan mereka dengan catatan yang kita miliki. 
  4.  Bersikaplan bersahabat. Tak ada salahnya sesekali kamu menceritakan kondisi diri dan keluargamu. Biasanya hal ini mengundang munculnya ikatan emosi
  5. Pahamilah bahwa segala masukkan yang diberikannya adalah demi kebaikan dan kesempurnaan skripsi atau tesismu
  6. Jangan lupa setiap kali bimbingan lakukan do’a. Bahkan bagi muslim, do’akan dosen pembimbingmu di setiap sholat. Mohonlah padaNya untuk diberikan kelancaran dan kemudahan. 
  7.   Do’a menghadapi dosen pembimbing killer bagi muslim adalah  QS 20: 25-28

Dosen killer adalah juga manusia sepertimu, punya rasa dan punya hati. Jika ia melihat kegigihan dan kesungguhanmu hatinya akan ikut luluh. Dia akan salut dan bangga padamu. Bukankah ia adalah dosen yang berkinerja baik? Kalaulah buruk, mungki sudah lama ia dipecat di perguruan tinggi tempatnya mengabdi.
Bersahabatlah dengan  sikap killernya, karena saat lulus nanti kamu pasti akan berkata “ I Love You Dosen Killer” karenamu aku jadi banyak membaca dan kuat saat beradu argumen di sidang. Lulus dengan hasil memuaskan. Setuju?



0 komentar:

Post a comment