Pengasuh Pulang? Ini solusinya!

Setiap kali pasca lebaran biasanya para Ibu kesulitan memperoleh pengasuh bagi Ananda tercinta. Sebagian karena pengasuh tak mau lagi melanjutkan kerja atau pindah majikan.

Fenomena sulitnya memeroelh Asisten Rumah Tangga (ART) yang biasa merangkap pula sebagai pengasuh anak bukanlah masalah yang baru muncul, problema yang sama telah muncul berpuluh tahun sebelumnya.

Saya teringat betul bagaimana mamah (panggilan saya untuk Ibu) kelimpungan tatkala mengetahui tetiba pengasuh di rumah tidak mau melanjutkan kerja. Mamah sering meminta salah seorang family untuk mencari calon penganti langsung ke kampungnya. Kadang mamah yang hanya guru SD saat itu terpaksa mempekerjakan 2 orang ART. Seorang bertugas mengasuh yang lainnya beres-beres dan masak.

Saya pribadi memiliki pengalaman yang tidak mengenakkan dengan mereka (ART). Seringkali saya menangis manakala mereka mengunnjing Mamah. Saya yang saat itu masih sekolah SD tak rela mamah tercinta dijadikan bahan olok-olok. Padahal ART tersebut Mamah kursuskan menjahit agar bisa terampil dan memiliki bekal jika kelak berumah tangga.

Saya juga pernah melihat ART mengajak teman laki-lakinya ke rumah mamah. Sungguh sebuah perbuatan biadab, mamah akhirnya memecat ART tersebut. Rupanya menghadirkan orang lain ke dalam rumah tangga bukanlah perkara yang mudah. Kita harus waspada dalam memilih dan terus mengawasi agar anak kita selamat dari perbuatan keji.

Kembali lagi ke masalah pengasuh pulang dan kita belum memperoleh penggantinya, Ayah dan Bunda bisa menggunakan jasa daycare. Daycare atau tempat penitipan anak adalah lembaga non formal di bawah pembinaan Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini dalam hal pengasuhan, perawatan serta pendidikan Ananda selama orang tua bekerja.

Mengapa daycare? Karena Ananda bukan hanya semata “dititip” namun sekaligus proses tumbuh kembangnya memperoleh stimulasi secara maksimal. Daycare biasanya memiliki tenaga guru dan juga pengasuh yang siap dalam menjaga dan mendidik Ananda.

Mahalkah biaya Daycare? Tentu saja untuk pendidikan dan perawatan Ananda membutuhkan biaya. Jika Anda memiliki permata tentunya ingin permata terjaga dan disimpan di tempat yang tepat?

Biaya daycare biasanya untuk membayar jasa pengasuh, baiaya makan, ATK, uang pemeliharaan sarana dan prasarana. Berapa besar biaya yang harus dikeluarkan? Bergantung pada seberapa besar para pengelola daycare harus mengeluarkan biaya untuk komponen-komponen tersebut.

Daycare Rumahan seperti Bintang Cherria yang terletak di kota Bandung biasanya memiliki harga yang terjanghkau bagi pasar menengah. Anda tetap bisa memperoleh fasilitas pelayanan daycare dengan harga ramah kantong? Mengapa demikian karena daycare Bintang Cherria mengusung daycare berbasis lingkungan yang memberdayakan SDM di sekitar daycare.

sumber gambar : sayangi.com


Apakah Ananda tetap bisa memperoleh pelayanan prima? Tentu saja pelayanan adalah nomor 1. Jumlah anak dibatasi dan penjaminan mutu selalu ada dalam pengawasan petugas terkait di Dinas Pendidikan.
Masih ragu? Coba saja titipkan Ananda dalam program TRIAL. Pengasuh pulang? Daycare solusinya!



0 komentar:

Post a comment