Tips Hindari Penipuan Saat Belanja Online



Sudah pernah belanja online? Ada pengalaman buruk saat melakukan belanja online? Pengalaman buruk saat melakukan belanja online tentu merugikan. Pengalaman buruk dari seorang konsumen akan dengan mudahnya dia bagikan di internet dan membuat orang enggan berbelanja ke toko online yang dimaksud.

Pengalaman buruk berbelanja online bisa macam-macam. Mulai dari penipuan (toko fiktif), barang tak seindah yang dipajang, ukuran tak sesuai harapan, hingga delay salam waktu pengiriman.

Saya termasuk beruntung tidak mengalami penipuan, dalam arti kata toko atau penjual tiba-tiba menghilang sementara kita sudah transfer sejumlah uang. Namun saya pernah dibuat kecewa beberapa penjual yang sempat saya lakukan transaksi dengan mereka.

Pengalaman  buruk yang saya alami adalah waktu pengiriman yang mencapai 3 minggu. Bayangkan 3 minggu teman-teman!. Sementara yang saya beli adalah buku yang memang saya ngebet banget ingin segera membaca isinya.

Dalam kasus tersebut terus terang saya merasa tertipu. Mengapa demikian? Penjual yang merangkap sebuah publisher tidak menjelaskan di situsnya bahwa buku baru akan diproduksi setelah uang masuk. Seandainya dijelaskan tentunya saya tidak akan membelinya he..terlalu lama jeda waktu yang dibutuhkan. Konsumen bisa berpikiran jangan-jangan publisher itu menipu. Ya gak?

Pengalaman berikutnya adalah ukuran barang yang dibeli tak sesuai dengan tampilan gambar. Saya memesan barang yang akan dibeli dari orang yang saya kenal . Pastinya saya tidak berpikiran akan teripu masalah ukuran. Yang pertama adalah saat pesan coklat lebaran tahun lalu.

Ukuran yang ditampilkan sebesar toples yang biasa kita sajikan dan harganya pun cocok dengan coklat seukuran toples yang biasa saya beli. Ternyata alamaak..ukuran toples pas genggaman jari..imut-imut..seumur-umur saya baru melihat toples seukuran itu. Malu saya mau mengirim buat family. Sedih juga sudah terlanjur pesan 3 paket. Tambah eneg sewaktu merasakan coklatnya.. aduuh isinya kue ..Grrrr

Pengalaman buruk lainnya saat saat membeli mainan. Tenyata secara fisik kualitasnya tak seperti yang saya bayangkan. Harga yang saya berikan terlalu mahal untuk mendapatkan mainan sekelas itu. Kecewa lagi akhirnya. Membeli dari orang terdekat ternyata tidak menjamin saya mendapatkan produk yang memuaskan.

Apakah saya kapok berbelanja online? Tentu tidak! Lho koq bisa? Untuk produk-produk dari toko terkenal reputasinya dan jenis produk sudah diketahui kualitasnya secara umum, saya memilih untuk berbelanja online. Mengapa demkian? Karena dengan berbelanja online saya bisa memangkas waktu untuk saya gunakan pada hal-hal bermanfaat lainnya.

Ya, akhirnya saya berkesimpulan bahwa berbelanja baik secara online meupun offline tetap kita dahulukan untuk membeli barang yang reputasinya baik. Saya punya pengalaman buruk juga saat berbelanja offline.

Saat berbelanja di Supermarket terkenal, saya pilih produk nugget dan olahan ikan. Sayangnya saat itu saya pilih dari 2 merk yang belum terlalu dikenal di pasaran. Sampai dirumah ketika saya goreng, Astaghfirulloh keduanya kecut bukan dari cuka namun basi. Aduh 2 bungkus @500 gr terbuang percuma. Saya juga pernah membeli produk buku dari toko buku terkenal ternyata isi buku itu (Juz Amma) ada ayat yang terpenggal, tidak lengkap alias salah cetak. Pengalaman buruk lagi niih..


Tampilan awal marketplace Shopious.com

Ternyata berbelanja secara online dan offline butuh ketelitian. Untuk berbelanja secara online pilihlah toko online yang sudah terpercaya. Saat ini tersedia marketplace tempat berkumpulnya para pedagang di Shopious.com. Berisikan para pedagang online yang memasang gambarnya di Instagram.

Saya rekomendasikan Shopious.com  karena tempat berkumpulnya toko online terpercaya. Ada banyak pilihan barang di sana dan kita bisa memilih toko online yang dekat dengan tempat tinggal kita. Sehingga ongkos kirim bisa lebih ringan. O ya, Shopious akan melakukan sangsi terhadap toko yang ‘nakal’.

Tak perlu khawatir tertipu saat melakukan belanja online Karena saat ini Shopious menjadi marketplace terpercaya, solusi kita semua. Belanja online di Shopious aja yuuk!



0 komentar:

Post a comment