Tips Mengajak Anak Mengelola Waktu dengan Baik

Salah satu ciri dari pribadi sukses adalah mereka yang mampu mengelola waktunya dengan baik. Kita seringkali  melihat orang yang dapat mengerjakan beberapa pekerjaan secara professional. Tak jarang pula kita temukan pribadi yang kewalahan mengelola waktu padahal  tugas yang dimiliki sebenarnya sedikit.

Kesuksesan berawal dari kedisiplinan. Mengajak anak untuk bersama-sama mengelola waktu dengan baik, tentu akan sangat membantu manakala mereka beranjak dewasa. Anak-anak akan terbiasa mengerjakan banyak hal secara professional. Kemampuan ini tentu saja sangat menguntungkan karena anak akan menjadi pribadi yang memenangkan persaingan. Saat dimana masih banyak orang ‘keteteran’ dengan waktu yang dimilikinya.
metrik-for-tahfidz

Sebanyak apapun aktivitas yang kita miliki, tetaplah 1 hari berjumlah 24 jam  dan satu minggu hanya berjalan selama 7 hari. Bagaimana kita mengajarkan disiplin pada anak dengan cara mengelola waktu secara baik, berikut adalah langkahnya:

Kenalkan pada anak mengenai waktu beserta aktivitas yang terdapat di dalamnya
Biasakan anak untuk mengisi jam-jam tertentu dengan kegiatan yang telah disepakati bersama. Kapan anak harus tidur, jam berapa harus bangun, aktivitas harian apa yang akan dilakukan harus dikenalkan dan dibiasakan berulang. Kebiasaan baik akan menjadi habit. Senang bukan jika memiliki anak dengan jadwal hidup yang tertib?

Buat komitmen bersama untuk menepati  jadwal yang telah dibuat
Ajak anak untuk bersama-sama menjalankan dengan baik kesepakatan mengenai jadwal harian. Sambil berjalan kita bisa evaluasi bersama hingga menemukan waktu-waktu yang pas.

Berikan anak penghargaan atas prestasi yang dicapainya
Biasakan untuk memberikan apresiasi atas usaha yang telah dilakukan anak.Semisal memberikan bintang jika anak suskes menepati jadwal harian. Bintang tersebut dapat diakumulasi dan ditukarkan dengan hadiah.

Jadilah contoh yang baik
Anak membutuhkan figur dari sekitarnya. Akan sia-sia saja usaha yang Anda lakukan jika sebagai orang tua tidak memberikan contoh dalam pengelolaan waktu. Jelaskan pada Anak bahwa Anda pun selaku orang dewasa memiliki program yang sama, yakni manajemen waktu dalam setiap harinya.

Pengelolaan waktu yang baik akan lebih sempurna jika kita gunakan untuk mencapai target harian kita. Semisal jika anak kita memiliki jadwal belajar bahasa, kita dapat menambahkan target harian yakni menghapal satu kosa kata bahasa asing per hari. Sebagai awal, satu kosa kata per hari adalah target termudah yang bisa dijangkau anak. Ajak anak untuk melihat dampak yang dihasilkan dari komitman dan konsisten yang dilakukan. Dalam 1 bulan otimatis anak akan menambah 30 kosa kata baru.

Target harian bisa bertambah jika target sebelumnya terlampaui. Anda bisa bersepakat dengan anak untuk menargetkan menghapal 3 kosa kata begitu seterusnya. Kemampuan manajemen waktu disertai kejaran target harian akan membawa pada kesuksesan.

metrik pencapaian
Metrik pencapaian merupakan alat bantu untuk menuliskan aneka target harian seperti : hafalan ayat, menabung, prospek dll

Saya pribadi menggunakan metrik pencapaian sebagai alat bantu membuat  target harian, juga saya gunakan untuk menyepakati jadwal harian anak. Biasanya jika membuat target bersama anak, saya pun memberikan reward yang disepakati bersama jika anak berhasil lulus mencapai target yang diinginkan.

Hasilnya anak demikian semangat untuk mengerjakan agenda harian berdasarkan jadwal yang ditentukan berbarengan dengan kegiatan tambahan lainnya yakni kejar target.

Yuk, kita ajari Ananda menjadikan hidup lebih tertata dan menjadi pribadi yang produktif didalamnya. Jika saya bisa, Anda pun pasti bisa!


3 comments:

  1. Anonymous10:00

    Anak harus dibiasakan untuk hal-hal yang baik. Orang tua adalah sebagai teladannya.

    ReplyDelete
  2. Mengajari anak memiliki kebiasaan baik sejak dini dapat jadi bekal untuk masa depannya ya Teh..
    Saya sudah menerapkan beberapa tips itu pada anak saya, tapi belum konsisten..hi..hi...

    ReplyDelete
  3. Ass Wr Wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU YOSHI yg dari singapur tentan Pesugihan AKI RUSLAN SALEH yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk menarik dana Hibah Melalui ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti dan mendapat hasil tarikan RM.347.000 Ringgit, kini saya kembali indon membeli rumah dan mobil walaupun sy Cuma pekerja kilang di selangor malaysia, sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI RUSLAN SALEH dan saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI RUSLAN SALEH saya Bisa sukses, Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKI, Jika Anda Ingin Di Bantu Ritual Pesugihan Hubungi 0852=8584=7477 Atau [klik] AHLI PESUGIHAN TANPA TUMBAL
    KEAMPUHAN RITUAL AKI RUSLAN SALEH
    1.Penarikan Dana Hibah Melalui Bank Ghaib
    2.Penarikan Uang Melalui Mustika
    3.Ritual Angka Tembus Togel/Lotrey
    4.Jimat Pelaris Usaha DLL
    Dan Masih Banyak Lagi, AKI RUSLAN SALEH Banyah Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia. Untuk yg punya rum terimakasih atas tumpangannya.

    ReplyDelete