Ingin Bisnis Anda Sukses? Lakukan 3P



Dalam melakukan kegiatan usaha, tujuan utama yang ingin diperoleh adalah mendapatkan profit atau keuntungan. Profit merupakan alat peningkatan kesejahteraan pihak yang terlibat dalam usaha tersebut dan sebagai biaya penopang keberlangsungan proses usaha. Benarkah hanya profit yang bisa menjadi ukuran sukses dan langgengnya sebuah usaha?

Untuk memperoleh keuntungan seringkali oknum para pelaku usaha memberlakukan cara-cara yang melanggar aturan. Semisal dalam usaha makanan, kita temui oknum yang menggunakan bahan baku kadaluarsa, serta pewarna pakaian dan penambahan zat pengawet berlebihan. Dalam bidang industri, perusahaan besar seringkali mengabaikan perhatian dalam kelestarian lingkungan hidup. Pabrik tekstil misalnya sering membuang limbah penuh racun yang merusak lingkungan sekitar. Yang paling seringkali penulis temui adalah selokan dekat rumah seringkali tercemar dan dialiri limbah terutama saat hujan turun deras. Oknum  pelaku usaha mengingingkan pembuangan limbah tidak disadari warga sekitar. 

Para pelaku usaha hendaknya kini mulai menyadari bahwa  penggunan cara-cara illegal dalam proses usaha hanya mendatangkan keuntungan semu. Bumi yang tua akan semakin rusak, penggunaan bahan baku berbahaya dalam olahan makanan akan menjadi penyakit berbahaya bagi penikmatnya. Jika sudah demikian akankah usaha yang dilakukan menjadi langgeng? Bumi yang rusak tak lagi bisa di gunakan kekayaannya untuk berlangsungnya usaha, penduduk yang sakit akan tak bisa menjadi target pemakai produk mereka karena hidupnya habis digunakan untuk berobat. Nyatalah bahwa sebuah usaha yang didirikan untuk menggapai tujuan memperoleh profit dengan cara illegal sebenarnya tengah melakukan bunuh diri. Usahanya akan mati karena bumi dan penduduknya telah menjadi korban keserakahan dalam memperoleh untung dengan cara yang melanggar aturan.

Keberlangsungan usaha ternyata tidak melulu diukur dengan nilai profit semata, namun harus pula diperhatikan bagaimana perusahaan tersebut memberikan kesejahteraan bagi karyawannya, memberikan kebaikan bagi lingkungan sekitar serta melakukan cara-cara yang turut berperan dalam kelestarian bumi. Dalam salah satu sesi Mata Kuliah Proses Bisnis dan Organisasi Program Pasca Sarjana STMIK LIKMI Bandung, Dr.  Antonius Alijoyo mengungkapkan bahwa  kerangka kerja suatu usaha saat ini diukur dengan kosep 3P (People, Profit dan Planet) yang dikenal dengan nama Triple Button Line.

Triple Bottom Line (TBL) yang pertama kali di gagas oleh John Elkington pada tahun 1998.  Konsep TBL mengimplikasikan bahwa kegiatan bisnis  harus lebih mengutamakan kepentingan stakeholder (semua pihak yang terlibat dan terkena dampak dari kegiatan yang dilakukan).

Salah satu perusahaan yang penulis amati sudah menerapkan kegiatan 3P ini adalah Indscript Creative yang belokasi di kota Bandung. Perusahaan yang bergerak di bidang penulisan ini tumbuh dan besar dengan melibatkan sumber daya insani yang terdapat di dalam perusahaan dan dilingkungan sekitar. Perusahaan juga aktif melakukan kegiatan yang bertujuan kemanusiaan serta penyelamatan lingkungan.

Saat ini perusahaan digerakkan di sebuah rumah tinggal di kawasan Bandung Selatan mampu menggerakkan para Ibu Rumah Tangga untuk menjadi penulis produktif. Target sasarannya adalah para Ibu yang berdomisili di dalam dan di luar negeri.  Dengan kemajuan teknologi dan informasi, kemudian berlangsung kegiatan Sekolah Perempuan yang memberikan pelatihan penulisan yang dilakukan secara online melalui group Facebook maupun Webinar. Hasil dari Sekolah Perempuan ini muncul para penulis baru yang akan dihubungkan dengan penerbit untuk proses penerbitan bukunya. 
 
Sekolah Perempuan adalah salah satu kegiatan di bawah Indscript Training Centre (sumber : dok. pribadi)

Perusahaan juga memiliki produk direct selling yang sebagian keuntungannya diberikan bagi penderita kanker di rumah Cinta. Kegiatan sosial lainnya yang dilakukan antara lain memberikan bantuan bagi  korban banjir, meberikan takjil gratis untuk berbuka. Sedangkan untuk program peduli lingkungan, indscript Creative menggalakkan kegiatan Bank Sampah yang mengajak partisipasi warga sekitar. Pemberian sumbangan Metrik Pencapaian bagi Panti Asuhan serta sumbangan buku bagi Taman Bacaan Masyarakat adalah bentuk lain dari kepedulian Indscript terhadap kemanusiaam dan peningkatan kualitas sumber daya insani. 

 
Sumbangan Metrik sebagai alat ukur produktivitas bagi anak Panti Asuhan di Bandung (sumber : dok. Pribadi)

Kesadaran untuk memberlakukan 3P tentu saja bukan hanya kewajiban sebuah perusahaan, namun juga perlu terpahami oleh karyawan atau individu yang terlibat dalam sebuah kegiatan usaha. Karena sesungguhnya kita bisa sukses karena kita senantisa memberikan kebaikan bagi diri, manusia lain dan lingkungan sekitar. Hidup kita hari ini adalah bagi keberlangsungan bumi yang akan diwarisi anak cucu kita. Sudahkah siapkah Anda dengan 3P?

1 comment:

  1. Ass Wr Wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU YOSHI yg dari singapur tentan Pesugihan AKI RUSLAN SALEH yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk menarik dana Hibah Melalui ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti dan mendapat hasil tarikan RM.347.000 Ringgit, kini saya kembali indon membeli rumah dan mobil walaupun sy Cuma pekerja kilang di selangor malaysia, sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI RUSLAN SALEH dan saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI RUSLAN SALEH saya Bisa sukses, Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKI, Jika Anda Ingin Di Bantu Ritual Pesugihan Hubungi 0852=8584=7477 Atau [klik] AHLI PESUGIHAN TANPA TUMBAL
    KEAMPUHAN RITUAL AKI RUSLAN SALEH
    1.Penarikan Dana Hibah Melalui Bank Ghaib
    2.Penarikan Uang Melalui Mustika
    3.Ritual Angka Tembus Togel/Lotrey
    4.Jimat Pelaris Usaha DLL
    Dan Masih Banyak Lagi, AKI RUSLAN SALEH Banyah Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia. Untuk yg punya rum terimakasih atas tumpangannya.

    ReplyDelete