Tips Mengisi Waktu Liburan Anak di Rumah


Ayah dan Bunda, sebentar lagi Ananda tercinta akan menerima raport semester ganjil dan memperoleh waktu libur sekitar 2 minggu. Bagi keluarga yang memiliki dana berlebih tentu dapat dengan mudah merencanakan liburan ke tempat wisata dalam dan luar negeri. Namun bagi keluarga dengan dana terbatas, tentu harus berpikir ulang untuk melaksanakan liburan ke luar kota atau ke tempat wisata yang pasti membutuhkan biaya besar.

Seringkali waktu libur anak diidentikkan dengan bepergian ke tempat wisata seperti disebutkan di atas, namun sebenarnya waktu libur bisa kita gunakan untuk hal lain. Kita dapat melakukan penanaman pembiasaan baik saat liburan anak. Alih-alih membiarkan mereka seharian berkegiatan dengan Gadget, bermain Play Station atau kebut-kebutan menggunakan motor  (kebanyakan anak-anak usis di bawah 17 tahun sudah melakukannya). Kita sebenarnya dapat memanfaatkan momen liburan untuk menanamkan hal-hal positif pada anak.

Apa saja yang dapat dilakukan untuk mengisi liburan di rumah?

Menata ulang isi rumah

Kegiatan menata ulang isi rumah seringkali dipandang sebagai kegiatan yang membosankan bahkan cenderung memberatkan. Namun jika dikemas dengan suasana ceria akan lain terasa. Ajak anak-anak untuk berkreasi dalam mebata ulang kamarnya. Memberi hiasan dinding serta berikan reward atas prestasi anak. Agar tidak membosankan kegiatan ini dilangsungkan secara bertahap, sebagai wujud pembiasaan agar di hari lainnya anak dapat tetap meyempatkan diri untuk peduli akan kerapihan  di sekitarnya.

Jalan-jalan Pagi

Anda dapat memandu anak untuk melakukan jalan-jalan di pagi hari. Jika pada hari-hari biasa mereka sibuk bersip ke sekolah, dalam waktu liburan diharapkan mereka memiliki kegiatan positif dengan berolah raga ringan jalan kaki di lingkungan sekitar rumah.

Belajar berbelanja

Dunia anak identik dengan dunia bermain, pada masa ini lebih mudah bagi kita untuk menanamkan nilai-nilai positif yang sangat berguna bagi kehidupannya kelak. Biasanya anak dengan akan bangga bisa melakukan hal-hal yang biasa orang dewasa lakukan. Diantaranya, Anda bisa meminta anak melakukan belanja. Kegiatan belanja sayuran misalnya adalah hal yang mudah dilakukan. Jika anak belum bisa membaca, Anda bisa menuliskan bahan belanjaan di secarik kertas berikut uang sebagai alat pembayaran. Lain lagi bagi anak yang sudah menginjak remaja, mereka bisa dilibatkan untuk berbelanja ke tempat yang lebih  jauh, semua dilakukan dalam pengawasan Anda.

Tips Mengisi Liburan Anak di Rumah
Sumber gambar : molto.co.id

Fun Cooking

Keterampilan mengolah makanan bukan hanya kewajiban anak perempuan. Anak laki -laki pun harus mengetahui cara pengolahan  makanan. Ajak anak mengetahui cara mencuci beras, mencuci sayur dan lain-lain sesuai usia anak. Hal tersebut jika dilakukan dalam suaana santai dan gembira akan mejadi bekal kemudian hari dalam memenuhi kebutuhan akan makanan. Jika kelak anak harus study di luar kota atau lintas negara mereka sudah mandiri melakukannnya.

Berburu Aneka kegiatan Kreatif di Internet

Saat ini sudah banyak situs yang menyediakan informasi mengenai kegiatan keterampilan yang bisa dilakukan anak . Bebagai video pun banyak diunggah untuk hal tersebut. Ajak anak untuk mengetahui bahwa internet adalah sumber belajar yang kaya akan informasi bermanfaat. Bukan semata digunakan untuk download atau bermain games online.

Belajar Membuat Animasi Sederhana

Kegiatan lain yang dapat dilakukan adalah belajar membuat animasi sederhana. Ada banyak sumber di Youtube serta group yang menyelenggarakan kursus secara online maupun offline. Mangapa animasi? untuk mengalihkan anak kepada aktivitas kreatif merancang animasi sederhana sebagai dasar membuat games. Kecenderungan hobi anak pada umumnya untuk bermain games diharapkan mampu teralihkan.

Nah, jika anak sudah melakukan salah satu hal di atas, maka kita selaku orang tua dapat memberikan haknya bermain games atau Play Station dalam jam terbatas. Anak dapat pula bermain di rumah teman. Kesemuanya harus dalam pengawasan orang tua. Yuk, jadikan liburan bermanfaat! Selepas liburan jadwalkan kegiatan-kegiatan bermanfaat tadi untuk selanjutnya menjadi good habit bagi anak. Semoga.

0 komentar:

Post a comment