Tips Mengajarkan Bayi Berenang

Pada dasarnya semua anak sangat suka bermain dengan air. Hal tersebut dapat Anda gunakan sebagai sarana untuk mengajarkan bayi Anda berenang. Ada beberapa pendapat mengenai usia yang tepat seorang bayi diajarkan berenang. Salah satunya berpendapat bahwa usia 6 bulan adalah waktu yang dianggap paling tepat, karena saat itu bayi sudah mulai bisa menegakkan kepalanya dan duduk tanpa bantuan. Hal yang akan menjadikan berenang aman bagi bayi, karena ia akan mempu menopang kepalanya saat  dimasukkan ke dalam air.

Manfaat apa saja yang diperoleh dengan mengajarkan berenang pada bayi? Beberapa manfaat yang bisa diperoleh antara lain : munculnya kepercayaan dan keberanian pada bayi. Kekuatan seluruh otot tubuhnya terstimulasi dengan baik. Bahkan menurut penelitian, berenang dapat meningkatkan IQ.

Hal apa saja yang harus dipersiapkan ketika Anda akan mengajari bayi berenang?

  1. Berikan pijatan pada bayi sebagai pemanasan
  2. Lakukan berenang dikolam air hangat
  3. Perhatikan kebersihan kolam
  4. Lengkapi bayi dengan neck ring
  5. Lakukan berenang selama maksimal 20 menit
  6. Kenalkan kegiatan berenang secara bertahap.

 
sumber gambar : sayangi.com
Kebersamaan bayi dan orangtua akan terajut sedemikian rupa sehingga meningkatkan kenyamanan pada bayi. Hal tersebut  menjadikannya tidak mudah rewel. Jika Anda tinggal diperkotaan, dengan mudahnya bisa menemukan tempat berenang yang aman dan nyaman bagi bayi. Namun jika tidak, maka  Anda dapat menyewa atau membeli kolam renang. Anda tinggal menyiapkan air hangat untuk, diisikan ke dalam kolam.

Yuk  berikan waktu bagi Anda untuk lebih dekat dengan bayi melalui kegiatan berenang. Ada banyak manfaat yang diperoleh didalamnya. Selamat mencoba!




0 komentar:

Post a comment