Minum Air Es Bikin Gemuk?



Sumber gambar : sehat.studiokita.net

Minum air es ditengah dahaga adalah hal yang seringkali kita lakukan. Badan yang gerah akibat terkena terik matahari akan terasa segar jika kita minum es. Apalagi jka bulan puasa tiba, air es seringkali jadi minuman pilihan saat berbuka. Tak sedikit pula diantara kita yang hobi meminum air es tak mengenal waktu.

Sebagian masyarakat memercayai bahwa banyak minum air es membuat perut menjadi buncit. Apalagi buat para gadis yang ingin tampil dengan tubuh ramping. Larangan meminum air es seringkali disampaikan guna mencegah kegemukan.

Apa benar air es bikin gemuk?

Informasi yang saya peroleh dari berbagai sumber menyebutkan bahwa minum air es (air dingin) lebih banyak membakar kalori. Mengapa demikian? Hal tersebut terjadi karena saat tubuh mengkonsumsi makanan maupun minuman, suhunya akan disesuaikan dengan suhu tubuh. Jika yang diminum adalah air dingin otomatis tubuh memerlukan sejumlah kalori untuk mambuatnya hangat. Namun jumlah kalori yang dibakar selisih sedikit lebih banyak dari saat kita meminum air biasa atau air hangat.

Setiap makanan maupun minuman yang kita konsumsi akan disesuaikan suhunya dengan tubuh kita. Karenanya terlalu sering minum es akan mengakibatkan lapisan lemak menebal karena tubuh harus membuat suhu air es menjadi sesuai dan dapat diterima tubuh.

Kebiasaan minum air es setelah makan juga perlu dihindari kerena akan lemak dari makanan yang kita makan sulit dicerna. Hal tersebut dapat menyebabkan sistem pencernaan berjalan kurang sempurna. Penempelan lemak yang berlangsung terus menerus inilah yang akan menyebabkan terjadinya kegemukan.

Jangan meminum air es tanpa jeda setelah berolahraga karena hal tersebut akan mengakibatkan kepala terasa pusing akibat kejutan suhu yang diberikan air es.

Minumlah air hangat setelah dan jangan terlalu sering minum air es karena terbukti mengakibatkan kegemukan. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a comment