Kenali Kolesterol dan Resikonya

Kita semua pasti sudah sering mendengar kata kolesterol. "Barangkali kamu kelebihan kolesterol,"kata yang acapkali kita dengar jika menemukan seseorang berusia paruh baya atau berbadan gemuk terserang sakit. Apa sebenarnya kolesterol dan bagaimana cara menghindari kelebihan kolesterol? tentu menjadi hal yang wajib kita ketahui. Hidup sehat berasal dari pola hidup sehat. Pola hidup sehat kita peroleh dari pengetahuan kita akan hal-hal yang membawa kepada kesehatan tubuh kita. Yuk kita baca lengkap artikel di bawah ini !

Apa itu Kolesterol?

Kolesterol merupakan zat yang dibuat di dalam tubuh  (di liver/hati) dan diperoleh melalui makanan. Fungsi utama kolesterol adalah membantu mengangkut lemak ke berbagai bagian tubuh yang membutuhkan lemak untuk energi dan perbaikan, atau ke tempat-tempat penyimpanan lemak seperti pinggul dan perut.

Jenis-jenis kolesterol

Hati memisahkan jenis kolesterol dalam paket - paket yang disebut lipoprotein yang tersusun dari lipid (lemak dan kolesterol) dan protein.

Adapun jenis-jenis kolesterol adalah sebagai berikut :

Kolesterol LDL ( Low-density lipoprotein)  atau lebih dikenal dengan istilah kolesterol jahat. Jika kolesterol yang LDL yang tersedia lebih dari yang dibutuhkan, LDL akan beredar dalam aliran darah dan akhirnya tertimbun pada bagian dalam dinding pembuluh darah yang akan menmyebabkan penyumbatan dan berkurangnya pasokan darah.

Kolesterol HDL( High - density lipoprotein) dikenal sebagai kolesterol baik. Kolesterol ini berjalan mengikuti aliran darah dari area-area tepi tubuh sambil membawa kolesterol ke hati untuk dihancurkan. HDL melepaskan potongan LDL yang tersangkut di dinding-dinding pembuluh darah dan mengirimkannya kembali ke hati.

Kolesterol VLDL (very-low-density lipoprotein) merupakan lipoprotein berkadar sangat rendah. VLDL digunakan untuk energi dan pemindahan lemak. 

Trigliserida; jenis lemak yang juga diroduksi oleh hati. 95% lemak yang dikonsumsi ada dalam bentuk trigliserida.

Lipoprotein(a) atau Lp(a); merupakan jenis kolesterol paling jahat. Terkait erat dengan aneka penyakit arteri.Lp(a) lebih terkait dengan faktor keturunan daripada faktor makanan. 
Sumber gambar : pengobatan kolesterol.com

Kolesterol dengan Resiko Penyakit jantung

Idealnya, seseorang harus memiliki lebih banyak kolesterol HDLdan lebih sedikit kolesterol LDL. Resiko penyakit jantung muncul disebabkan karena kolesterol LDL yang tinggi. Untuk mengetahui kadar kolesterol kita dapat melakukan pemeriksaan darah untuk mengukur kadar kolesterol dan lipid seperti LDL,HDL,VDL,Trigilesida dan Lp(a).

Berikut adalah konsentrasi yang diharapkan dari masing-masing lemak tersebut:
  •  Kolesterol total : 200mg/dL
  •  HDL : pria > 40 mg/dL Wanita > 50mg/dL
  •  LDL<100mg/dL
  • Trigiselida : <150mg/dL
  • VLDL : <29mg/dL
  • Lp(a) : <20mg/dL

Demikian artikel mengenai kolesterol, jenis-jenisnya beserta kadar kolesterol ideal yang harus dimiliki tubuh. Mulai dari sekarang biasakan untuk olah raga , hindari stres serta rajin mengkonsumsi bawang putih, kacang kedelai, asam lemak, omega 3, kacang-kacangan, niasin serta buah-buahan untuk menjaga kadar kolesterol di tubuh kita. Semoga bermanfaat. 


2 comments:

  1. Rajin mengkonsumsi bawang putih...?? bauuu..hi..hi...
    Kalau kacang kedelai, dan buah-buahan sih mau.. :D

    ReplyDelete
  2. Bawang putih ya rahasianya

    ReplyDelete