Kenali Gangguan Kecemasan pada Lansia



Kecemasan yang dimiliki lansia terkadang membuat bingung orang-orang disekelilingnya. Seringkali hal-hal yang menjadikan kecemasan adalah hal-hal yang dianggap sepele namun menjadi hal yang biasa bagi para lansia.  Semisal rasa cemas ketika mendengar berita perihal perampokan atau tindak kejahatan yang bisa mengancamnya, mebuat para lansia bereaksi dengan tingkat kecemasan tinggi. Hal tersebut beraibat pada tindakan-tindakan kecurigaan yang tak beralasan pada orang-orang yang baru dikenal. Atau tindakan menyembunyikan benda-benda tajam yang terdapat di dalam rumah, hal ini tentu saja bisa merepotkan seisi rumah. Penghuni rumah bisa kerepotan mencari benda-benda tajam semisal pisau atau gunting yang hendak digunakan untuk beraktivitas. Akibatkan keributan-keributan kecil antar penghuni rumah dengan lansia tak bisa dihindarkan.
atasi cemas
Cemas pada lansia (sumber gambar : marialiwun.wordpress.com)

Untuk itu perlu kiranya kita mengetahui gejala kecemasan pada lansia yakni :

  1. Kecemasan atau ketakutan berlebihan
  2. Menolak melakukan pekerjaan rutin atau sebaliknya
  3. Menghindari situasi sosial atau keramaian
  4. Sangat memperhatikan keamanan
  5. Dada berdebar, napas pendek, gemetar,mual,berkeringat
  6. Kurang tidur
  7. Kekakuan otot, merasa lemah dan gemetar
  8. Memiliki kebiasaan menimbun barang
  9. Depresi
  10. Melakukan pengobatan sendiri dengan alkohol dan penenang

Gangguan kecemasan pada lansia seringkali tak terdeteksi. Biasanya lansia yang mengalami gangguan kecemasan juga mengalami kecemasan sejak usia muda.

Kecemasan yang tidak ditangani akan mengganggu daya pikir serta memperburuk kesehatan. Untuk itu tangani kecemasan yang bisa diatasi. 

Jika cemas dengan keadaan kesehatan segera konsultasikan dengan dokter. Jika lansia khawatir berlebihan dengan keamanan, pastikan tidak dibiarkan sendiri berada dalam rumah atau keramaian. Tentunya jangan lupa selalu ingatkan lansia lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Semoga bermanfaat.





0 komentar:

Post a comment