Tips Mahasiswa Mendapat Dollar melalui Blog

Mengajar adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan buat saya. Melalui kegiatan mengajar selain saya membagikan ilmu, juga saya belajar untuk terus meng-upgrade pengetahuan saya. Asyik bukan?
Satu yang sedang saya (kembali) tekuni sekarang adalah aktivitas nge-blog. Aktivitas ini sebenarnya telah saya awali sejak tahun 2006, namun karena kesibukan mengurus 4 balitaku yang saat itu tanpa ART. Maka nge-blog vakum hampir 8 tahun lamanya he… Hingga akhirnya si bungsu saat ini sudah masuk SD saya memiliki waktu untuk nge-blog lebih banyak lagi.

Mengikuti beberapa kelas online di Facebook menjadi rutinitas baru saya. Ilmu yang saya peroleh dari sana, saya bagikan pada mahasiswa di kelas. Saat ini saya menjadi pengajar di Perguruan Tinggi Swasta di Bandung.. Bertemu mahasiswa selalu mengalirkan energi baru buat saya. Berbagi ilmu dan tak jarang saya pun belajar dari hal yang mereka lebih dulu ketahui.

Saya menyadari sepenuhnya bahwa saya bukanlah manusia sempurna, saya hanyalah seorang yang usia lahir dan pengalaman hidup jauh dari para Mahasiswa tersebut. Namun saya menyadari, peran Teknologi Informasi dan keinginan belajar yang kuat akan membawa mereka pada lompatan belajar yang melampaui apa yang saya berikan di kelas. Jiwa muda dan rasa keingintahuan yang tinggi sering saya gunakan untuk menyampaikan materi ‘pengayaan’ yang memberikan ‘curious’ tinggi. Hingga yang terjadi malah merekalah yang akhirnya memiliki pengetahuan jauh melebihi apa yang saya miliki.

Jika sudah demikian, ada rasa bahagia menyusup di relung kalbu. Saya menjadi sangat bersyukur. Tugas saya memberikan kunci pada mereka untuk memasuki ruangan ilmu, dengan semangat dan motivasi yang saya berikan, mereka mampu melompat dengan cepat, mengambil aneka hal menarik yang menambah khazanah keilmuan mereka.

Seperti pagi ini, saya mengajarkan Program Komputer Terapan I di jurusan Geologi Pertambangan. Agar mahasiswa tidak boring saya berikan pengayaan mengenai blog dan bagaimana mereka bisa mengikat ilmu yang dimiliki dengan menuliskannya di Blog. Saya pun mengajak mereka untuk menyusuri hobi dan membuat blog khusus untuk menampung hobi mereka. Ajakan saya ditujukan untuk membiasakan berintenet sehat, selain saya kenalkan pula bahwa Blog jika dikelola dengan baik, bisa mendatangkan penghasilan bahkan berbentuk dollar.

Tanpa dinyana, rupanya ada salah satu mahasiswa yang telah memperoleh uang melalui kegiatan nge-blog. Mahasiswa tersebut menuliskan aneka ilmu yang berkaitan dengan jurusan yang diikutinya yakni geologi. Blog nya telah ramai pengunjung dan banyak digunakan oleh beberapa pihak untuk beriklan. Jadilah hari itu mahasiswa tersebut saya minta berpresentasi dadakan di depan kelas.




Pangalaman nyata dari mahasiswa tersebut mendorong yang lainnya untuk mengetahui lebih detail cara-cara menghasilkan dollar melalui blog.

Inilah Tips yang diberikan mahasiswa tersebut :
1.      1.  Buat Blog pribadi, sebagai contoh untuk kasus ini akan dibuat blog menggunakan layanan blogger.com
2.     2.  Rajin melakukan posting artikel di blog sesuai dengan teman yang dipilih (bisa artikel mengenai hobi, matei      kuliah, tips atau apapun juga sala tidak mengandung SARA dan pornografi)
3.       3. Lakukan jalan-jalan (Blog Walking) untuk memperoleh komentar balik atau link ke blog kita
4.       4. Pilih artikel yang sekiranya menarik perhatian, dan promosikan blog di wall FB untuk menarik pengunjung.
5.       5. Lakukan langkah 2 s.d 4 rutin secara berulang agar blog terindeks di google.
6.      Jika blog kita ramai pengunjung, biasanya akan nada penawaran pasang iklan atau sebaliknya, kita yang menawarkan diri .

Salut buat mahasiswa yang satu ini, keingintahuannya bermula saat duduk di bangku SMP. Dirinya penasaran melihat tampilan web yang menarik, sehingga menghantarnya untuk asyik otak atik Web dengan HTML.O, ya ketika salah satu rekannya menanyakan bagaimana mengaplikasikan Ilmu Geologi untuk mendapatkan uang, dengan lugas mahasiswa tersebut menjawab, kita bisa menawarkan jasa pemetaan secara online. Wah, menarik bukan?

Kesuksesan mahasiswa satu ini, menjadi pemicu rekan mahasiswa lainnya untuk bisa mengikuti jejaknya. Perkuliahan menjadi ramai, dan satu per satu dari mereka mengajukan pertanyaan. Menghasilkan dollar lewat blog jadi mimpi saya juga mereka. Go Dollar ;)



11 comments:

  1. Replies
    1. I ya Mba.. ternyata ada juga ya mhs yang serius nge-blog he..

      Delete
  2. Anonymous08:07

    Seru yaaa. Mau ah mengoptimalkan lagi blog saya yg sejak 2006 itu. Udh punya Adsense juga, tapi 11 dollar ga nambah2. Pdhal menurut perbankan kita, minimal 100 dollar baru bisa diambil. Belum dipotong pajak, biaya lintas bank antar negara, kurs dll... Tapi seru deh... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip Mb..ramai2 kita raup dollar melalui nge-blog ya :)

      Delete
  3. Mantaab...anak muda yang kreatif ya Teh...

    ReplyDelete
  4. Anonymous15:31

    hebatt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah..bisa memberikan contoh positif pada rekan-rekannya :)

      Delete
  5. Anonymous21:32

    Jasa Pemetaan secara online? Wahh..suamiku tukang peta, mbak..:D Jadi penasaran..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak..malah menurutnya temannya sudh punya tenaga khusus untuk mengisi artikel di blog..kereeen..:)

      Delete