Kampanyekan Kembali Hemat Energi Listrik bersama Kak Bili

Apa yang terlintas di pikiran Anda semua, ketika saya tanya “ Siapa sih Kak Bili ?,” hmm..maaf yang saya maksud di sini bukan Bili adiknya Olga Syahputra, bukan pula Anda atau siapapun juga yang merasa memiliki nama itu. Yang saya maksudkan dengan Bili di sini adalah boneka lampu pijar listrik. Bili adalah kepanjangan dari Bijak Listrik, boneka maskot  gerakan hemat energi listrik PLN ini memang belum banyak dikenal masyarakat luas.
Kak Bili dalam acara "Sosialisasi Hemat Listrik" sumber gambar : antarafoto.com
Dua orang pegawai PLN menggunakan baju maskot Bili  sumber gambar : antarafoto.com
Saya pribadi baru mengenalnya saat hendak mengusulkan perlunya penggunaan maskot dalam sosialisasi gerakan hemat energi listrik bagi masyarakat. Ketika saya ketikkan kata kunci “maskot hemat energi listrik PLN” melalui mesin pencari, muncullah gambar boneka ini. Rupanya PLN telah lama memilih Bili sebagai maskot, tepatnya pada tahun 2005. 

Sebenarnya gerakan hemat energi listrik ini pernah mengalami kesuksesan pada tahun 2008-2009, namun malah meredup seiring waktu. Presiden SBY baru mencanangkan ulang kembali pada tahun 2012 karena DPR saat itu menolak kenaikan harga BBM. Padahal program yang digagas PLN tahun 2005 tersebut keren abis. Kak Bili ini akan berkeliling ke sekolah-sekolah di jakarta dan sekitarnya, secara bertahap akan dilakukan pula ke seluruh kota besar di tanah air. Kak Bili akan melakukan kegiatan pengenalan listrik secara interaktif dan edukatif. Untuk itu ada beberapa film animasi  Kak Bili  berkenaan dengan hal tersebut. Dapat kita jumpai link nya di Youtube.
Film Kak Bili (Bijak Listrik) di Youtube sumber : Youtube

Lantas, jika demikian apa ide saya untuk PLN? Tak akan bermuluk-muluk, meminta PLN untuk melakukan riset penemuan sumber energi baru. Selama mental masyarakat kita belum sadar akan pentingnya gerakan hemat energi listrik, semua akan sia-sia.

So, langkah yang saya sarankan adalah tumbuhkan kembali kesadaran pada masyarakat akan gerakan hemat energi tersebut. Caranya adalah dengan mengaktifkan kembali peran Kak Bili sebagai pemberi edukasi pada anak-anak. Mengapa anak-anak? Karena dari mulut merekalah para orang dewasa akan tersadarkan. Malu dong ama umur he…

Apalagi jika kehadiran Kak Bili sering muncul dihadapan masyarakat luas, dengan membawa pesan hemat energi. Tiap kali melihatnya, otomatis akan ingat dengan kampanye hemat energi. "Ada Kak Bili, sudahkah Anda hemat energi?,"adalah kalimat yang bisa dipakai tiap kali kemunculannya. Gerakan hemat energi listrik bersama Kak Bili tersebut, dapat dilakukan juga dengan menggunakan media sosial, review melalui blog, media elektronik maupun media cetak.

Pemakaian perangkat elektronik secara berlebihan dapat mengakibatkan boros listrik juga mengundang penyakit. Langkah berikutnya yang kita lakukan adalah memberikan kesadaran pada masyarakat mengenai bahaya yang tersimpan akibat pemakaian alat elektronik tersebut secara berlebihan. Buatlah aksi menempelkan stiker atau spanduk berisikan kalimat yang dipahami masyarakat luas dan mudah di praktekkan, antara lain : 
1. Puasa Listrik juga Ibadah
2. Terlalu lama bermain video games bisa bikin mata rusak!
3. Batasi penggunaan HP, supaya gak kena Radiasi Otak! 
4. Tagihan PLN ku turun,  Tagihanmu bagaimana?
5. CD Gratis Kak Bili, Mau?

Sehebat apapun program yang dibuat, tanpa adanya komitmen serta kesinambungan untuk menjalankannya akan menjadi pemborosan saja. Tak kenal maka tak sayang. Jika sudah faham akan manfaat hemat energi listrik, akan lebih mudah bagi masyarakat luas untuk mempraktekkannya. Sebuah kebiasaan yang terus diulang tentunya diharapkan akan jadi karakter. Kebiasaan hemat listrik yang terus dikampanyekan secara rutin dan berkesinambungan akan melahirkan hemat energi sebagai karakter positif masyarakat kita.

Kak Bili, kemana aja sih kamu selama ini?  Ayo bangun Kak Bili! Kita nyalakan lagi gerakan hemat energi listrik. Jadikan hemat energi listrik sebagai karakter positif bangsa. Semangat!

Referensi :
http://www.suaramerdeka.com/harian/0507/25/nas17.htm
http://alamendah.org/2012/05/30/gerakan-nasional-hemat-energi-bbm-dan-listrik/


2 comments:

  1. wiih iya ya Mak, kalo ada bonekanya anak2 juga suka tuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak.. ternyata dah lama boneka itu lahirannya ya he..:)

      Delete