Memperingati Hari Menopause Sedunia : Kenali Faktor Pemicu Menopause Dini

Menopause adalah suatu masa yang akan datang pada setiap wanita. Pada umumnya wanita mengalami menopause pada rentang usia  48 – 52 tahun. Namun, saat ini fakta menunjukkan bahwa terdapat kenaikan jumlah  pada wanita dengan usia 30 tahunan  yang sudah mengalami menopause. Hal tersebut terjadi diberbagai belahan dunia. Karena banyaknya wanita mengalami menopause dini, maka WHO menetapkan tanggal 18 Oktober lalu sebagai Hari Menopause Sedunia.

Menopause dini tentunya mendatangkan kerugian, karena mengenai wanita pada usia produktif. Perlu kita ketahui, menopause menurunkan kualitas hidup karena organ-organ tubuh menjadi menua lebih cepat. Usia harapan hidup menjadi lebih pendek, umumnya wanita dapat hidup 25 tahun pasca menopause. Jadi jika seseorang kena menopause di usia 30 tahunan maka harapan hidupnya hanya sampai pada usia 55 tahun.

Untuk itu, perlu kiranya kita kenali faktor pemicu munculnya menopause usia dini :
1.  Sering mengkonsumsi makanan instant.
2. Kurang olah raga.
3. Jarang mengkonsumsi sayur dan buah.
4. Stress tinggi.
5. Makan makanan yang  banyak mengandung kafein dan gula.

Perlu kiranya sejak saat ini kita membiasakan pola hidup sehat. Menyediakan waktu untuk berolahraga serta memilih makanan yang dapat mencegah terjadinya menopause dini. Jenis olah raga yang paling mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki. Lakukan jalan kaki selama 30 menit sehari. Konsumsi buah alpukat, pepaya, bengkoang. Banyak makan kacang-kacangan, seperti kacang kedelai serta produk olahannya seperti susu kedelai serta tahu sutra. Minum banyak air minreral, serta teh hijau. Kurangi konsumsi gula dan kafein.

Menopause bukan untuk ditakuti (sumber : http://pspdfkunlam.wordpress.com)


Ternyata menopause dini dapat kita hindari dengan mudah. Yuk lakukan tips untuk menghindarinya dari sekarang.

2 comments:

  1. Tipsnya patut dijalanin nih...supaya gak kena menopause dini. makasih udah dishare ya.. :)

    ReplyDelete