Kopi Kelelawar, Nikmat dan Obati Penyakit Asma

Kopi kelelawar?  Sebuah nama yang masih terdengar aneh di telinga saya. Meski bukan penggemar kopi yang fanatik, baru mendengar namanya saja,  aroma kopi yang diseduh air hangat  seakan menusuk hidung saya. Wangi dan menggoda selera.

Rasa penasaran muncul manakala mengetahui kualitas kopi kelelawar ini setara dengan kopi  luwak, Selain itu, konon kopi kelelawar juga berkhasiat sebagai obat. Saya mulai menebak-nebak darimana asal kopi tersebut. Ternyata tak beda jauh dengan kopi luwak tadi, kopi kelelawar berasal biji kopi yang terdapat dalam kotoran kelelawar.

Untuk memastikannya akhirnya saya memutuskan googling, hingga menemukan fakta baru, kopi kelelawar ternyata  dapat mengobati penyakit Asma. O ya berita mengenai kopi kelelawar saya peroleh melalui sebuah Video yang diunggah ke Youtube. Merupakan cuplikan acara Topik Siang di ANTV pada bulan Juni 2014.

Menurut informasi yang disampaikan  Ngatini warga Pagar Alam Sumatera Selatan dalam video tersebut, dijelaskan bahwa pendapatan dari bisnis kopi kelelawar ini bisa mencapai 10 juta/minggu. Hmm...bisnis kopi kelelawar merupakan peluang bisnis yang menggiurkan pula ya...

Bagaimana cara membuat kopi kelelawar? Berikut ini adalah proses pembuatan kopi kelelawar tersebut :
1. Bersihkan biji kopi yang diperoleh dari kotoran kelelawar
Proses membersihkan biji kopi kelelawar (sumber: youtube)
2. Jemur kopi selama 7 hari hingga kering
Kopi kelelawar disangrai hingga kering (sumber : Youtube)
3. Kopi disangrai selama 1.5 jam
Kopi Kelelawar ditumbuk secara manual agar kualitasnya terjaga (sumber : Youtube)
4. Agar wangi dan enak, biji kopi kelelawar ditumbuk secara manual.

Harga kopi kelelawar sama mahalnya dengan kopi luwak, menembus angka seratus ribuan per kg nya. Namun sepadan jika meninjau kualitas kopi -- kelelawar memilih biji kopi yang benar-benar matang -- serta khasiatnya dalam mengobati penyakit asma. Kini, minum kopi kelelawar selain nikmat, asma pun tak lagi kumat. 

2 comments:

  1. Ternyata, ada kopi kelelawar juga ya, selain kopi luwak..baru tau hi..hi...makasih sharenya Teh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sawangsulna :)..Iya niy macem2 aja yaa..hehe..

      Delete