Empat Presiden RI menjadi Cover Majalah TIME, Anda Lebih Suka yang Mana?



“Wow, Jokowi jadi cover majalah TIME!” teriak seorang Ibu saat melihat gambar Jokowi muncul di cover sebuah majalah.  Barangkali kehebohan yang sama terjadi di sekitar Anda. Dalam foto yang terpampang di sampul majalah TIME yang muncul di internet dan media elektronik, Jokowi nampak tegas.

Bukan hanya Jokowi saja yang wajahnya sempat mengisi sampul depan majalah terbitan Amerika tersebut. Presiden Soekarno, Presiden Soeharto serta Presiden SBY pernah pula mendapatkan kesempatan yang sama.  

Berikut adalah catatan seputar kemunculan RI-1 di Majalah TIME  yang saya peroleh dari berbagai sumber:

 1. Soekarno tercatat pernah 2 kali mengisi sampul Majalah TIME. Dalam pemuatan pertama, yakni Desember 1946,  disebutkan bahwa beliau adalah seorang orator ulung. Pada kesempatan kedua – terbit bulan Maret 1958 -- beliau disebut-sebut sebagai seorang diktator.
 
2     2.  Soeharto mengalami hal yang sama, yakni berkesempatan 2 kali wajahnya terpampang di sampul Majalah TIME. Pada pemberitaan pertama yakni Juli 1966, saat itu TIME menuliskan artkel dengan judul  ‘Vengeance With a Smile’  paska G 30 S PKI. Sedangkan pada pemberitaan kedua, pasca kerusuhan Mei 1998, majalah tersebut menuliskan kekayaaan Soeharto senilai 15 miliar. Disebutkan tak satupun perusahaannya menjalankan kewajiban membayar pajak sebesar 10%.  

     3. Soesilo Bambang Yudhono ternyata pernah pula menjadi sampul majalah TIME edisi 2009. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono , wajahnya muncul di cover majalah TIME edisi Mei 2009. Cover majalah tersebut menulis headline 'Soft and Loved: The Asian Tiger is Back'. Kepemimpinan SBY disejajarkan dengan pemimpin dunia lainnya.     
                                                                                            
     4. Joko Widodo menjadi sampul majalah TIME yang akan terbit tanggal 27 Oktober 2014. Dalam cuplikan artikel TIME yang dimuat di beberapa situs disebutkan bahwa Jokowi adalah harapan baru masyarakat Indonesia dan dunia.

Keempat RI-1 tersebut menorehkan kisah yang berbeda dalam setiap kesempatan pemberitaan di majalah TIME. Anda lebih suka yang mana?

Berbeda dengan yang lainnya, pemberitaan mengenai Jokowi  & Soeharto diliput saat sebelum keduanya menjabat resmi sebagai Presiden. Jokowi hadir dalam harapan banyak orang akan kemajuan Indonesia, semua mata menunggu sepak terjangnya setelah resmi menjabat sebagai Presiden RI nanti. Apakah akan sesuai dengan yang dijanjikan atau sebaliknya?

Satu hal utama yang harus diingat, bukan hanya pada rakyat para RI-1 harus bertanggung jawab. Namun juga pada Tuhan kelak di peradilanNya. Moga beliau menjadi pemimpin yang amanah.




14 comments:

  1. Jadi, lesson learned-nya, jangan sampe jd cover majlh Time 2x ya mbak.. Karena yg kedua pasti pemberitaan yg buruk. So far Pak SBY selamat.. dari pemberitaan buruk seperti itu,,, hehe just a thought :p
    Baru mampir nih, salam kenal.. saya ngikutin update mbak di ODOA :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mb..:) Iya bener..berita itu disampaikan dari "angle"..*oleh2 materi ODOA itu hehe..Tks sudah berkunjung..:)

      Delete
  2. Pesan terakhirnya itu loooh....jleb bingits...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Gina.. iya tuh..kita do'akan beliau bisa amanah yaa..:)

      Delete
  3. Anonymous21:09

    Kenapa presiden Megawati tidak menjadi sampul majalah Time?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan prestasinya belum masuk kriteria TIME ;)

      Delete
    2. Kan udah di wakilin ama bapaknya :D

      Delete
    3. Salam kenal Bung Admin..iya dah dwakilin Bpknya tuh he.. :)


      Delete
  4. Semoga para presiden itu bisa amanah dunia akhirat ya Teh..

    ReplyDelete
  5. Setahu kami BJ. Habibie juga pernah masuk dimajalah Time

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. nah saya juga terkesima dengan artikel ini..kudet banget saya berarti selama ini...gak tahu kalo presidennya jadi cover time

    ReplyDelete
  8. Prediksi bola jitu gratis : http://goo.gl/Na4Sxa

    ReplyDelete