Tips Sukses membangun Bisnis Keluarga


Bisnis keluarga, kehadirannya bisa jadi perekat hubungan antar anggota keluarga. Namun bisa pula berlaku sebaliknya. Bisnis keluarga menjadi penghancur keutuhan keluarga. Wah, ngeri sekali ya?  

Banyak cerita bagaimana sebuah bisnis keluarga malah jadi petaka. Awalnya dirintis bersama, dengan segala suka sukanya. Di tengah perjalanan, karena muncul perbedaan paham, para anggota yang tadinya saudara yang selalu rukun akhirnya berpecah belah. Bisnis kemudian muncul dengan nama berbeda atau yang paling ironis dibubarkan tanpa meninggalkan jejak.  

Cerita perpecahan kerapkali kita dengar,  namun jangan sampai hal tersebut menjadi sebuah pembenaran. Sayang bukan jika sebuah bisnis dibangun dengan susah payah, malah kemudian hancur karena terdapat ketidaksepahaman. Bagaimana caranya agar bisnis menjadi langgeng turun temurun? Salah satu bisnis keluarga dirintis dan tumbuh besar hingga kini adalah HYPERNET. Adalah Sudianto Oei dan adiknya Sudiono setelah lulus dari Universitas Bina Nusantara merintis bisnis Internet Service Provider dengan nama HYPERNET. Bisnisnya dimulai dari bawah, mereka tak sungkan terjun langsung ke lapangan memasang jaringan dan memastikan layanan berlangsung baik. Karena layanan yang diberikan memuaskan, banyak pihak akhirnya memercayakan untuk menggunakan jasa HYPERNET. 

Layaknya sebuah bisnis profesional, meski HYPERNET ini adalah bisnis keluarga, pembagian tugas yang jelas harus dilakukan. Jabatan CEO dipegang oleh Soedianto Oei sedangkan Sudiono menjabat sebagai Direktur Bidang Penjualan. Kerja keras mereka berdua memberikan hasil, saat ini HYPERNET telah memiliki banyak klien. Tercatat sebagai Official Internet Partner di Archipelago Group, sebuah perusahaan yang mengatur berbagai hotel, resort, villa dan apartement di wilayah Asia Fasifik. Selain itu HYPERNET juga sering menjadi Official Partner bagi pertunjukkan-pertunjukkan musik dunia, pameran-pameran IT dan seminar-seminar yang membutuhkan jaringan internet dan komunikasi data. 

Pembagian tugas yang baik serta kebiasaan mereka untuk tidak membawa urusan bisnis ke rumah adalah tips sukses berbisnis keluarga. Tentunya cara tersebut bisa kita lakukan untuk bisnis keluarga yang tengah kita rintis saat ini. Selalu sediakan waktu untuk keluarga, karena dari kekuatan keluargalah bisnis Anda akan maju pesat. Keluargalah yang akan menjadi tempat kita kembali saat mulai muncul kesalahpahaman. Dengan demikian bisnis keluarga bisa langgeng dan terus berkembang, percayalah!


This entry was posted in

0 komentar:

Post a comment