Tips Meraup Omzet 1 Miliar

Mendapatkan omzet 1 Miliar?  Wow, pasti mau dong. Siapa sih yang gak ingin omzet kita ‘meledak’ sebesar itu? Hal yang perlu diingat adalah bahwa “Besarnya omzet yang kita canangkan hendaknya terukur dan realistis,” demikian yang disampaikan Muri Handayani, owner Sekolah Bisnis Online serta RaZha & Co. Pernyataan tersebut disampaikan saat memberikan materi cara menembus omzet yang disampaikan dalam Business Plan Class yang diselenggarakan IIDB Bandung pada tanggal 27 September 2014 lalu.

Dalam pelatihan yang bertempat di Mamak Kitchen, yang berlangsung mulai pukul 12.30 sd 17.30 (semula dijadwalkan s.d 17.00),disampaikan bahwa menembus omzet dalam jumlah tertentu adalah hal yang harus dicanangkan dalam berbisnis. Jangan sampai pemilik bisnis tidak mengetahui persis kondisi keuangan serta tidak memiliki target berapa besar omzet yang diharapkan.

 sumber : dok. pribadi Hayati Ozie Fauziyah

“Bisnis bisa saja diawali karena hobi atau karena kebutuhan pasar, namun jangan sampai berhenti pada 2 hal tersebut. Jika kita berbisnis hanya berdasarkan hobi biasanya tidak memperhitungkan untung atau rugi. Dan jika kita berbisnis berdasarkan kebutuhan pasar, biasanya jika pasar telah sepi maka bisnis turut mati,” demikian penjelasan Indari Mastuti, CEO Indscript Creative peraih berbagai penghargaan bergengsi  dalam arahannya mengenai pentingnya sebuah Business Plan.   “Bisnis yang baik, apapun alasan yang mengawalinya, haruslah dikawal dengan Business Plan. Segala gerak dan upaya yang dilakukan senantiasa mengacu pada isi Business Plan, bukan sekedar pada hobi atau kebutuhan pasar semata,”demikian Indari Mastuti menjelaskan.

Dalam worksop pembuatan Business Plan tersebut, disampaikan pula bagaimana pentingnya menuliskan visi dan misi perusahaan, tag line, analisis SWOT, pengelolaan keuangan serta masih banyak materi pendukung lainnya. Keberadaan bisnis yang dimiliki, tentunya diharapkan mendatangkan keuntungan yang akan membuat bisnis tersebut langgeng serta memberikan kesejahteraan bagi pemilik maupun karyawannya.

Mencapai omzet 1 Miliar dalam 1 tahun adalah target omzet yang dicanangkan RaZha, bisnis inner hijab yang dimiliki Muri Handayani. Bagaimana mencapai target tersebut ? pertama kali lakukan analisa penjualan yang terjadi selama 1 tahun. Bagi bisnis busana muslim,  ada event-event tertentu dalam 1 tahun dimana omzet bergerak naik, misal pada saat menjelang hari Raya. Atau  ada pula kondisi dimana penjualan yang terjadi sangat sepi, misal pada saat orang tua sibuk mempersiapkan keperluan memasuki tahun ajaran baru.


Analisa pergerakan penjualan dilakukan agar kita bisa menentukan target yang realistis dan terukur. Bagi Muri  Handayani, untuk mencapai target omzet 1 Miliar tersebut ---  setelah dibantu realisasinya menggunakan metrik --- maka dalam 1 hari minimal ada 7 set baju terjual. Hmm…asyik bukan? Sebuah nominal yang Wow bisa terasa lebih realistis saat kita jabarkan dalam target harian. Jika target Muri Handayani adalah 1 M, berapa target omzetmu? Untuk terampil membuat Business Plan serta melejitkan  omzet, ikuti segera  Business Plan Class IIDB.
This entry was posted in

0 komentar:

Post a comment