Menabung Bikin Buntung?

Lagu dengan judul "Menabung" karya Titik Puspa merupakan salah satu lagu hits tahun 80 – 90an yang digemari . Lagu tersebut dibawakan artis cilik Saskia dan Geofany. Liriknya mengajak anak-anak untuk gemar menabung, bunyi syairnya adalah  sbb :
Bang bing bung yok, kita ke bank,
Bang bing bung yok, kita nabung
Bang bing bung hey, jangan dihitung
Tahu-tahu nanti kita dapat untung
Dari kecil kita mulai menabung
Supaya hidup kita beruntung
Mau keliling dunia ada uangnya,
Juga untuk membuat istana…”



Kegemaran menabung ternyata mulai ditinggalkan. Riset menunjukkan bahwa budaya hidup konsumtif telah menjadikan manusia saat ini sebagian besar memiliki kebiasaan mendahulukan belanja ketimbang menyimpan uangnya.

Iklan di berbagai media telah menjadikan sebagian besar manusia saat ini memiliki kecenderungan membelanjakan uangnya untuk hal-hal yang sebetulnya tidak urgent. Belum lagi kehadiran kartu ajaib bernama kartu kredit membuat akal sehat untuk menimbang perlu atau tidaknya belanja seakan hilang begitu saja. Berbagai kemudahan yang disediakan sebagai dampak dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menjadikan kebiasaan menabung kini tak lagi memberikan keuntungan. Banyaknya kemudahan transaksi menjadikan munculnya banyak biaya administrasi, menyebabkan nominal tabungan tergerus habis.

Meski demikian, kebiasaan menabung tetaplah kebiasaan baik yang harus dilakukan. Rina Dewi Lina, seorang financial planner menyebutkan, uang yang ditabung bukanlah uang sisa bulanan. Melainkan Anda keluarkan saat mendapat gaji di awal bulan. Menurutnya uang tabungan sangat bermanfaat sebagai dana cadangan darurat rumah tangga. Kebiasaan menabung menjadikan anggota keluarga menghargai uang dan melakukan rem atas keinginan berbelanja barang yang tak perlu. Hal tersebut dapat menghindarkan dari kebangkrutan karena besar pasak daripada tiang.


Lantas bagaimana menyiasati biaya administrasi Bank yang besar? Kita tinggal memilih layanan Bank yang sengaja tidak membebankan biaya administrasi bulanan dengan syarat tertentu.Misal jumlah nominal bulanan yang mengendap tidak kurang dari 1 juta.

Menabung bikin buntung? Gak la yaw



5 comments:

  1. Yang bener..menabung bikin untung ya Teh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Y Teh Fitri..nabung Yuuk..:)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Bener banget mbak. Apalagi nabung trus lupakan. Diki2 Lama2 jadi bukit. :D

    ReplyDelete