Mahasiswa, Agen Taat Pajak



Konsultan pajak adalah jembatan antar wajib pajak dengan Negara. Peran konsultan pajak sangat penting, karena melaluinya para wajib pajak memperoleh pemahaman dalam menunaikan kewajiban pembayaran pajak sesuai aturan yang berlaku.

Memenuhi kewajiban untuk membayar pajak, masih menjadi hal yang dihindari banyak orang. Padahal, pemasukan pajak menjadi daya dukung dalam pembangunan Bangsa. Untuk itu kemudian IKPI (Ikatan Konsultan Pajak Indonesia) bertekad memberikan edukasi pajak pada masyarakat.

Langkah yang telah dilakukan IKPI dalam edukasi pajak antara lain dengan melakukan sosialisasi di asosiasi lain seperti real estate, pedagang emas, KADIN, di kampus, hingga membantu mengajukan rulling terhadap aturan yang merugikan masyarakat. Hal ini seiring dengan program IKPI, yaitu membuat masyarakat “melek” soal perpajakan sebagai pembayar pajak.

Sebagai ketua IKPI cabang Surabaya yang baru terpilih, ZetiArina memiliki aneka program yang mendukung program IKPI Pusat. Berbagai gebrakan dilakukannya untuk mewujudkan masyarakat taat pajak, antara lain melakukan kerjasama dengan Universitas.

Banyaknya oknum pengemplang pajak di kalangan elit menunjukkan bahwa lalai dalam pajak adalah hal yang ‘biasa’. Kasus sogokan terhadap petugas pun, masih sering ditemukan. Melalui kerja sama dengan Universitas diharapkan para civitas akademika dan mahasiswa menjadi agen pembaharu hal kewajiban pembayaran pajak. Rasa malu dan bersalah karena lalai pajak hendaklah jadi budaya yang dimunculkan. Dengan edukasi dari IKPI Surabaya, diharapkan kelak mereka akan menjadi warga negara yang taat pajak. Semoga.

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. masih ada typo di kata pertama...tapii, artikelnya udah mengalir...keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. he iya ya..baru nyadar..makasih Mb Reffi sdh berkunjung.

      Delete