Bayi Bisa Stress?

Pernahkah mendapati bayi menangis dalam jangka waktu lama dan sulit untuk dihentikan? Tiba-tiba jadi pemurung, tidurnya gelisah atau mendadak tidak mau lepas dari gendongan Anda? Atau terdapat perubahan kondisi fisik, misalnya perubahan nafsu makan atau gangguan pada kulit? Waspadalah, karena hal tersebut pertanda bayi sedang mengalami stress.



Ya, seperti halnya orang dewasa, bayipun bisa mengalami stress. Tentu penyebabnya berbeda dengan kita. Mendapati suasana baru, misal  berkunjung dan menginap di suatu tempat baru atau berganti-ganti pengasuh, bisa menjadi sumber munculnya stress pada bayi. Selain itu, rasa haus dan lapar yang tidak segera terpenuhi juga merupakan faktor pemicu stress. Hal lain yang bisa memunculkan stress adalah jika bayi merasakan rasa tidak nyaman atau sakit, dan Anda lambat untuk mengetahui penyebabnya.

Bayi juga bisa stress jika mendapati kedua orang tuanya bertengkar. Hal lain yang perlu digarisbawahi adalah stress seorang Ibu bisa menular pada bayinya. Waduh bahayu tuh, bisa menjadi lingkaran setan. Anda tambah stress karena bayi rewel dan bayi pun gak berhenti menangis karena merasakan sang Ibu tengah stress.

Jika Anda dalam kondisi stress, baiknya istirahatkan diri dengan meminta batuan suami atau saudara untuk menggendong atau menemani bayi. Sementara itu, sejenak tenangkan diri Anda. Jika Anda sudah bisa sedikit relaks dan mampu mengendalikan perasaan barulah ambil kembali bayi ke pangkuan.

Cara lain yang dapat menghindarkan stress pada bayi adalah dengan memberikan perawatan spa bayi. Saat ini spa dapat diberikan pada bayi, manfaatnya adalah untuk kesehatan, kekebalan tubuh, dan membuat bayi tidur lelap. Spa bayi juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Jika kebutuhan dasarnya terpenuhi -- makan dan minum cukup serta bisa tidur lelap – dan bayi selalu sehat, maka bayi dapat terhindar dari stress. Pemberian spa pada bayi sebaiknya dilakukan oleh terapis profesional, karena tidak bisa dilakukan sembarang waktu dan memiliki tahapan tertentu. Ingin bayi bebas stress? Lakukan spa bayi oleh ahlinya. Selamat mencoba.


0 komentar:

Post a comment