Tips Sukses Belajar di Luar Negeri

Melanjutkan studi ke luar negeri saat ini lazim dilakukan. Sebagian besar menjalankannya saat mereka sudah duduk di bangku perguruan tinggi. Hal tersebut dikarenakan studi di luar negeri membutuhkan kesiapan tersendiri. Kemampuan beradaptasi, kemampuan finansial serta keterampilan berbahasa menjadi modal utama yang harus diperhatikan.

Jika sebagian besar memilih melanjutkan studi di luar negeri selepas studi di SMA, maka gadis cantik nan cerdas ini, Siera Ngangi namanya,memulai pendidikan luar negerinya selepas lulus dari bangku SD. Ya, Siera memulai studi di  Singapura saat ia masih belia, duduk di bangku SMP.
Saat duduk di bangku SD, Siera tidak pernah berpikiran bahwa satu saat ia akan pergi ke luar negeri, melanjutkan studi. Ia hanya berpikir, lulus SD akan melanjutkan pendidikan di SMP yang sama bersama teman-teman SD nya. Tetapi tanpa dinyana, saat menjelang kelulusan SD, orang tua memanggilnya untuk merecanakan kelanjutan studi di luar negeri. Siera yang merupakan anak ke 3 sari 6 bersaudara saat itu akan dikirimkan untuk memasuki sebuah SMP di Singapura. “Orangtua saya kemudian menjelaskan bahwa biasanya anak perempuan tumbuh dewasa lebih cepat daripada anak lelaki baik secara perkembangan fisik dan pemikiran.”jelas Siera saat ditanya alasan orang tua mengirimnya ke Singapura.

Nah, jika Anda termasuk salah satu yang memiliki rencana studi di luar negeri, berikut ini adalah tips sukses yang bisa Anda ikuti :

1.     1.  Persiapan Mental
Studi di luar negeri dan jauh dari keluarga serta teman-teman tentunya bukan hal yang mudah. Anda dituntut untuk bisa mandiri mengurus segala keperluan sendiri, mampu mengelola keuangan serta dituntut untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Modal kepercayaan yang diberikan orang tua Siera di atas, menjadikannya memiliki keberanian serta tanggung jawab selama studi di luar negeri. .” Di negara yang baru, bahasa yang baru, budaya yang baru, bertempat tinggal di asrama dan juga rumah homestay dan belum memiliki teman sangatlah mempengaruhi kehidupan saya. Saya dituntut untuk cepat beradaptasi, berkomunikasi dengan baik dan lebih mandiri. Kini apa yang biasanya di Indonesia mudah, saya harus mengatur semua sendiri. dari mulai makan,cuci baju, belajar, sekolah, naik transportasi umum, bertanya arah jalan, hingga mengatur tabungan saya sendiri, saya belajar untuk bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan untuk tidak merengek apapun situasi saya kepada orang tua saya di Indonesia.”papar Siera.Nah, jika Anda akan studi di luar negeri, kemauan untuk manjadi pribadi mandiri, cepat beradaptasi serta memiliki keinginan keras untuk bisa sukses akan menjadikan kondisi mental sehat dan siap “tempur” menjalankan studi dengan baik

2.      2. Kemampuan Berbahasa
Kemampuan berbahasa yang baik juga menjadi modal sukses studi di luar negeri. “Belajar bahasa asing pada dasanya dapat dipelajari kapanpun dan dimanapun, sekalipun harus di negaranya langsung. Yang terpenting adalah membiasakan diri untuk menggunakan bahasa tersebut dengan baik. Bila memang merencanakan studi ke luar negeri memang lebih baik di persiapkan kursus bahasa asing sebagai bekal. “Siera menjelaskan. Mulai saat ini beranikan diri untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Pengetahuan bahasa Inggris yang diperoleh Siera saat duduk di bangku SD menjadi modal awal lancar berkomunikasi. Siera juga membekali dirinya dengan kemampuan berbahasa Perancis saat melanjutkan studi ke Kanada.Karena di Kanada, Bahasa Peranis digunakan untuk berkomunikasi selain bahasa Inggris.

3. Kemampuan Finansial
Belajar di luar negeri sudah barang tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Anda bisa memperolehnya melalui jalur beasiswa atau bekerja paruh waktu. Siera ngangi sendiri saat awal mengikuti pendidikan di Singapura, saat duduk di banku SMP, memperoleh biaya dari orang tuanya yang berprofesi sebagai wirausahawan. “Program beasiswa dari pemerintah ataupun dari sekolah juga sangat banyak tersedia, program pertukaran pelajar hingga program dual-degree pun juga ada. Pikirkan dengan matang negara tujuan nya lebih dahulu dan perkiraan biaya hidup selama disana beserta nilai mata uang nya. “papar Siera.

Hasil menjalani studi sejak belia di luar negeri, menjadikan Siera sosok pribadi yang matang, cepat mengambil keputusan, mampu beradaptasi serta selalu melakukan inovasi. Di usianya yang masih sangat muda, Siera telah memimpin KiwiKids Preschool & Kindergarten, Kiwi School, serta Stefie’s House of Creativity. Ketiga sekolah yang berlokasi di Bekasi tersebut, dikelola oleh Siera beserta stafnya untuk mendidik murid-muridnya pada bidang seni tari serta pendidikan usia dini.Kisah inspiratifnya mengundang banyak blogger mengulas dirinya untuk dijadikan contoh profil anak muda yang mandiri, cerdas dan berprestasi. Mau sukses studi di luar negeri? ikutilah jejaknya.





0 komentar:

Post a comment