4 Langkah Awal buat Sukses Berbisnis


Sudahkah Anda mengetahui bahwa kesukesan sebuah bisnis ditentukan dari langkah awal yang Anda buat? Tidak sedikit memang bisnis modal nekat,by feeling yang berbuah sukses.Namun tentunya sebuah bisnis yang dibuat dengan perencanaan dan langkah yang tepat bisa lebih melejit secara hebat.
Seringkali kita memulai bisnis karena melihat kesuksesan orang lain yang lebih dulu berkecimpung di bisnis tersebut. Tentu saja hal tersebut tidaklah salah. Bisnis seperti ini biasanya telah dikemas dalam bentuk franchise atau waralaba.Sejumlah modal biasanya dipatok di awal oleh pemilik bisnis waralaba tersebut. Para peminat bisnis lebih dimudahkan karena brand sudah terbentuk dan sistem bisnis telah  terbangun sempurna.
Lantas langkah apa yang harus kita lakukan jika kita akan pure memulai sebuah bisnis dari NOL? Berikut ini Wempy Diocta Koto --- pendiri sekaligus CEO Wardour and Oxford, sebuah perusahaan konsultan pengembangan bisnis internasional --- membagikannya untuk kita :
1.      Pahami  talent  kita
Berbisnis dengan berdasarkan talent yang kita miliki membuat kita akan lebih menikmati semua proses dan siap berjuang mewujudkannya. Hal tersebut karena kita cinta , punya pengalaman dan siap “hidup” dengan passion tersebut. Untuk mengetahui apa sebenarnya yang menjadi talent kita, adalah dengan menjawab pertanyaan : “Ingin dikenal orang lain sebagai apa?”

2.      Membangun brand yang mewakili produk atau jasa.
Membuat nama merk adalah hal yang penting. Coba perhatikan, jika ada 2 produk minuman sejenis tetapi memiliki perbedaan harga. Merk A berharga 5000 rupiah sedangkan produk B berharga 15.000 rupiah.Mengapa ada orang yang mau merogoh sakunya untuk membeli produk B? Jawabannya, karena nama merek. Pembeli sudah percaya produk B itu pasti berkualitas.Produk B telah memiliki brand image yang baik di mata konsumen.

3.      Tentukan target secara detail.
Kita harus menentukan target secara lebih spesifik . Misalnya jika target market adalah mahasiswa, maka kita harus tentukan mahasiswa yang dimaksud seperti apa?  yang aktif di organisasi, kutu buku, atau fashionable ?

4.      Memiliki  idola sebagai panutan dalam berbinis.
Tunjukkan kesungguhan kita untuk sukses dengan mendatagi sang senior dan belajar langsung dari kesuksesannya. Tunjukkan jika kita memang ingin belajar dari pegalamannya melalui diskusi, serta bersiap menerima saran untuk kemajuan bisnis kita.

Membangun bisnis tentunya membutuhkan kerja keras.Mari kita action dengan mengikuti 4 langkah tersebut. Wujudkan mimpi jadi pebisnis sukses.

This entry was posted in

0 komentar:

Post a comment