Obsesi Wempy Dyocta Koto : “To Build an extra ordinary legacy”

Berbicara mengenai anak muda,yang terbayang di benak kita adalah sosok yang penuh semangat, berani,penuh rasa ingin tahu dan mencoba hal-hal dan tantangan baru. Itulah sebabnya mengapa segala sesuatunya jika dilakukan di usia muda bisa mendatangkan keuntungan,lebih mudah untuk melaluinya dan dekat kepada keberhasilan.

Wempy Dyocta Koto, lahir di Padangpanjang, Sumatera Barat, 14 Oktober 1976, adalah seorang profesional dan pengusaha Indonesia. Ia merupakan pendiri sekaligus CEO Wardour and Oxford, sebuah perusahaan konsultan pengembangan bisnis internasional. Ia berperan besar dalam kesuksesan beberapa perusahaan waralaba Indonesia dalam menembus pasar internasional.Beberapa produk local yang sudah dibawanya mendunia adalah kebab Turki Baba Rafi dan keripik  pedas Ma Icih.

Anak muda pada umumnya masih belum berfikir panjang mengenai masa depannya.Kalaupun keberhasilan datang lebih cepat, sedikit sekali yang berstrategi benar mengalokasikannya. Tak sedikit yang sukses cepat tetapi bangkrut dan terlilit hutang dalam waktu yang cepat pula. Tak jarang pula kapok dengan kegagalan dan enggan mencoba,lebih parahnya memilih jalan pintas untuk sukses dengan menghalalkan segala cara.

Bagi Wempy,kegagalan adalah hal yang biasa. Hal terpenting yang harus dilakukan ketika seseorang gagal, adalah bagaimana bisa cepat bangkit dari kegagalannya.Menurutnya, jika harus menuliskan perjalanan karirnya dalam sebuah buku, kegagalanlah yang akan banyak mengisi bagiannya.

Kegagalan bukanlah hal yang harus ditakuti, kegagalan adalah teman menuju kesuksesan.Jika hal itu disadari oleh sebagian besar anak muda yang mencoba wirausaha,maka mental sukses terbentuk sejak awal. Mental untuk biasa dengan kegagalan karena hal itu adalah pintu menuju kesuksesan. Berbekal kegagalan, maka pengetahuan untuk sukses jadi terpetakan.

Kiprah Wempy sebagai CEO dalam perusahaan agensi yang bertujuan mengajak produk lokal dari berbagai negara untuk mendunia, bukanlah pekerjaan sederhana.Bagaimana memilih produk, membuat strategi untuk mencari investor,membuat branding, pemasaran, mempelajari aturan masuknya sebuah produk ke suatu negara dan banyak hal lainnya, merupakan tantangan yang sangat ia nikmati.


Semua itu berdasar pada pemahannya akan kehidupan yang fana. Dalam sebuah wawancara yang dilansir sebuah situs Wendy mengungkapkan obsesinya dalam hidup adalah  “To build an extraordinary legacy”.Ia ingin menjadi manusia yang bermanfaat bagi banyak orang. “Suatu saat saya akan mati, tapi saya mau pekerjaan dan dampaknya lebih panjang dari hidup saya”. Itulah warisan luar biasa yang sebenarnya.

0 komentar:

Post a comment